Bayi juga Perlu Dipijat Lho!

Agustus 3, 2009 kidsandstyle

Jakarta – Bukan hanya orang dewasa saja yang butuh dipijat, pijat pada balita juga memiliki manfaat yang besar. Pijat  berpengaruh terhadap tumbuh kembang balita. Pijatan pada balita termasuk salah satu stimulasi, yang bermanafaat untuk menentukan mencapai kognisi yang baik.

Pijatan sudah dilakukan sejak awal abad 20 di benua Amerika dan Eropa. Pijat termasuk manipulasi jaringan lunak yang dilakukan secara merata dengan menggunakan tangan dan tubuh untuk menggerakkan dan memberikan penekanan pada tubuh.

dr Tri Sunarti Wahyutami yang melakukan penelitian mengenai ‘Pengaruh pijat terhadap perubahan perilaku bayi baru lahir cukup bulan menggunakan skala Brazelton’ mengatakan penelitian di luar negeri pijatan juga baik untuk bayi prematur. Dengan teknik sederhana, biaya rendah, dan bisa dilakukan oleh orangtua dan keluarga dengan teknik khusus bisa memberikan pijatan kepada balita. Pijat pada bayi bisa dilakukan selama 3 kali per hari dengan gerakan sebanyak 6 kali. Jenis gerakan berupa usapan, meremas, dan mengetukan jari.

Tri mengemukakan pijatan bisa meningkatkan berat badan hingga 5,1 kilogram, perkembangan anak bisa menjadi lebih baik. Dengan memberikan pijatan anak bisa tidur lebih lelap dan memberikan ikatan dengan ibu. Pijatan kepada bayi memberikan manfaat tak hanya kepada balita tetapi juga orangtua. Dengan pijatan bisa merekatkan hubungan orangtua dengan anak. Pijatan menghilangkan stres, dan konsentrasi balita menjadi lebih baik.

“Pijatan tidak hanya bisa diberikan oleh ibu kepada balita tetapi ayah dan keluarga terdekat termasuk kakek nenek, dan pengaruh yang diberikan tidak berbeda,”ujar Tri, pada acara Mother and Baby Fair, beberapa waktu yang lalu di Jakarta.

Saat memijat balita sebaiknya melihat respon balita. Bila balita Anda senang maka pijatan bisa diteruskan. Tri mengingatkan hal yang harus diingat saat memijat antara lain jangan memijat setelah makan, jangan memijat saat balita sedang sakit, buat suasana nyaman dan menyenangkan, perhatikan respon balita, dan lakukan secara rutin.

Untuk memijat, orangtua sebaiknya perhatikan kebersihan dan kehangatan, alas tidur harus nyaman, dan pastikan ruangan hangat dan tidak pengap. Tri pun memberikan salah satu contoh pijatan pada wajah yaitu alis, hidung dan wajah. Ibu bisa menyentuh wajah bayi dengan telapak tangan, kemudian berikan usapan pada alis, penekanan dengan lembut, dan lihat respon anak. Kemudian pijat hidung mengikuti garis-garis wajah. Pijat sekitar mulut dilakukan dengan gerakan memutar hingga dagu bawah untuk meransang pertumbuhan gigi.Hingga usapkan ke belakang telinga hingga rahang bawah. Selamat mencoba.

Entry Filed under: Baby Talk (Kids)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: