Anak juga Bisa Stres Lho!

Agustus 4, 2009 kidsandstyle

Jakarta – Dibandingkan dengan apa yang dihadapi orang dewasa, kelihatannya anak-anak tidak memiliki banyak masalah sehingga kemungkinan kecil untuk mengalami masalah.

Padal anak-anak juga memiliki kekhawatiran, dan kadang-kdang hal ini menyebabkan stres pada mereka, khususnya pada anak yang tidak memiliki strategi untuk menghilangkan stresnya.

Seperti dikutip dari KidsHealth yang melakukan eksplorasi stres pada anak-anak, tentang apa yang paling sering menyebabakan anak-anak mengalami stres.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa anak-anak membutuhkan orangtua untuk mengatasi permasalahan mereka ketika mereka tidak bisa mengambil keputusan atas permasalahan mereka.

Yang terpenting adalah bagaimana orangtua mengajarkan kepada anak agar mereka dapat mengenali dan mengekspresikan emosi mereka, dan menggunakan cara-cara sehat untuk mengatasi stres yang mereka alami. Orangtua dapat membantu mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi masalah apapun.

Hasil Polling yang dilakukan teryata yang menyebabkan stres pada anak adalah: Nilai, sekolah, dan rumah (36%); keluarga (32%), dan teman-teman, rekan-rekan, gosip, dan gangguan (21%). Dan yang dilakukan anak-anak untuk mengatasi atau menghilangkan stres adalah dengan cara, sebagai berikut;

  • 52% bermain atau melakukan sesuatu yang aktif
  • 44% mendengarkan musik
  • 30% berbicara dengan seorang teman
  • 29% tidak mencoba untuk berpikir tentang hal ini
  • 28% mencoba sesuatu keluar untuk bekerja
  • 26% makan sesuatu
  • 23% meluapkan emosinya dengan marah
  • 22% berbicara dengan orangtua
  • 11% menangis

Sekitar 25% dari anak-anak yang disurvei mengatakan bahwa ketika mereka bingung, mereka kadang memukul kepalanya dengan sesuatu atau melakukan sesuatu yang lain untuk menyakiti diri. Orangtua harus waspada,  anak-anak akan melakukan sesuatu untuk membahayakan dirinya saat mereka stres.

Jajak pendapat  juga mengungkapkan berita penting bagi orangtua. Dari cara anak-anak mengatasi stres salah satunya adalah mereka ingin orang tua membantu memecahkan masalah mereka. 75% dari anak-anak yang disurvei mengatakan mereka ingin  agar orang tua membantu mereka memecahkan masalah. Jadi saat anak Anda stres cobalah untuk menghabiskan waktu bersama mereka.

Mungkin orangtua tidak dapat mencegah anak-anak dari rasa kecewa, sedih, atau marah, tapi Anda dapat menyediakan waktu dan cara untuk membantu anak memecahkan masalahnya. Tunjukkan bahwa Anda ingin mendengarkan tentang keluhan anak Anda, hal ini memperlihatkan bahwa Anda peduli.

Dengarkan anak Anda. Meminta mereka untuk memberitahu apa yang salah. Mendengarkan penuh perhatian dan tenang, kesabaran, keterbukaan, dan perawatan. Hindari mendesak untuk menilai, menyalahkan, memarahinya. Intinya adalah berikan anak perhatian dan  juga didengarkan. (nls)

Entry Filed under: Baby Talk (Kids)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: