Festival Seni Rupa di Mal, Asyik dong

Agustus 5, 2009 kidsandstyle

Jakarta – Festival seni rupa diadakan di galeri sudah biasa. Nah, kalau festival seni rupa diadakan di sebuah mal, tentu ini hal yang nggak biasa. Para pengunjung mal pun dapat menikmati hasil karya para seniman Indonesia. Kegiatan festival seni rupa bertajuk “Bazaar Art Jakarta 2009-Indonesian Art Festival” ini diselenggarakan sejak 28 hingga 30 Agustus 2009 di Ballroom I Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Menurut Dedi Koswara perwakilan dari majalah Harpers Bazaar, Indonesia Indonesia termasuk ‘pabrik seniman’ tapi tidak mempunyai wadah untuk memamerkan hasil karya para senimannya ke khalayak lebih luas. Dengan festival seni rupa ini diharapkan bisa menjangkau khalayak umum secara luas.

Pada festival seni rupa ini akan hadir berbagai kegiatan mulai dari talk art yang diadakan pada 29 hingga 30 Agustus 2009, kids art, dan mall art. Dedi mengatakan salah satu acara idealis dalam Bazaar Art Jakarta 2009  yaitu mall art yang diadakan mulai 1 Agustus hingga 30 Agustus 2009. Mall art, salah satu kegiatan pameran seni rupa untuk umum. Mall art dibagi menjadi dua bagian yaitu A Maze dan Artistokrat. A Maze akan menjadi kegiatan pameran seni rupa publik di dalam mal yang dikuratori oleh Rizki A.Zaelani. Para pengunjung mal bisa menikmati hasil karya dari 50 seniman yang menampilkan berbagai karya seni mulai dari patung, seni instalasi, fotografi sampai mural. Sedangkan artistokrat salah satu kegiatan pameran fotografi karya Indra Leonardi. Pameran ini akan menampilkan potret diri para seniman.

Dunia seni rupa di Indonesia memang masih kalah jauh dibandingkan di luar negeri. Anak sejak dini sudah diperkenalkan dengan dunia seni rupa di Eropa dan Amerika. Penyelenggaran festival seni rupa di mal disambut baik oleh berbagai pihak termasuk asosiasi galeri seni rupa Indonesia. Perwakilan dari asosiasi galeri seni rupa Indonesia Edward mengatakan pada 5 hingga 10 tahun lalu festival seni rupa diadakan seadanya di mal. Kali ini penyelenggaran seni rupa digarap serius. Edward mengatakan mal telah menjadi tujuan akhir bagi masyarakat pada akhir pekan bahkan hari biasa.

Rizki Zaelani salah satu kurator Bazaar Art 2009 mengatakan seniman memang lebih sreg bila hasil karyanya dipamerkan di galeri. Namun, saat ini keadaan sudah berubah. “Karya seni saat ini diupayakan menjadi bagian kehidupan sehingga festival seni rupa diadakan di mal menjadi tanda penting kehidupan,” tutur Rizki kepada wartawan pada konfrensi pers Bazaar Art 2009, Selasa (4/8) di Jakarta.

Untuk mengenalkan seni rupa sejak dini, Bazaar Art menghadirkan kegiatan kids art, di mana anak-anak mulai usia 3 hingga 12 tahun bisa mengikuti lomba gambar, kelas belajar membatik, belajar mengenai warna, dan field trip untuk membuka wawasan seni anak.

Kegiatan kids art ini diorganisir oleh Hadiprana. Menurut Dedi dari perwakilan majalah Harper Bazaar Indonesia, lomba gambar pada kids art ini akan berbeda dengan lomba gambar lain. Pada lomba gambar ini akan mencari yang terfavorit. “Hadiprana menginginkan anak yang mengikuti lomba gambar di kids art tidak pulang dengan tangan hampa,” imbuh Dedi.

Kegiatan kids art akan diadakan mulai 28 hingga 30 Agustus 2009 di Pacific Place lantai 5. Setiap anak harus merogoh kocek sekitar Rp 50 ribu untuk mengikuti lomba gambar ini dengan mendaftar di bagian informasi mal Pacific Place.

Nah, bagi Anda yang punya putra-putri hobi gambar bisa mengikuti kegiatan lomba gambar ini. Tidak hanya lomba gambar saja tetapi juga kelas membatik dan field trip. Acara field trip ini bekerjasama dengan sekolah swasta dan negeri. (amh)

Entry Filed under: What's Happening

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: