Jurus Dasar Melawan Hipertensi

Agustus 5, 2009 kidsandstyle

Jakarta – Hipertensi bukan penyakit sepele lho. Penyakit yang banyak diidap oleh pekerja di kota-kota besar ini menjadi salah satu pembunuh yang mematikan. Namun sering tak dirasakan, karena itu penyakit yang satu ini kerap disebut dengan silent killer. Dan di beberapa negara maju, darah tinggi bahkan menjadi pembunuh nomor satu.

Menurut WHO (1999), batas tekanan darah yang masih dianggap normal adalah kurang dari 130/85 mmGh, sedangkan lebih dari 140/40 mmHg dinyatakan sebagai hipertensi, dan diantara nilai tersebut disebut sebagai normal tinggi. Lalu hal apa yang bisa dilakukan untuk melawan hipertensi, yuk coba lakukan langkah berikut:

1. Kurangi asupan garam
Sudah jadi rahasia umum asupan garam (natrium chlorida) yang berlebih pada makanan bisa meningkatkan risiko hipertensi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penurunan asupan natrium 1,8 gram/hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik 4 mmHg dan diastolik 2 mmHg pada penderita hipertensi dan penurunan lebih sedikit pada individu dengan tekanan darah normal.

Respons perubahan asupan garam terhadap tekanan darah sangat bervariasi antara satu individu dengan yang lain seperti faktor genetik dan faktor usia. Disarankan asupan garam kurang dari 6 gram sehari atau kurang dari 1 sendok teh penuh.

2. Menjaga berat badan
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kenaikan berat badan meningkatkan tekanan darah dan terjadinya hipertensi, walaupun pada program penurunan berat badan. Penurunan tekanan darah dapat terjadi sebelum tercapai berat badan yang diinginkan. Rata-rata penurunan berat badan per kg mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik 1,6/1,1 mmHg. Sehingga dianjurkan sebaiknya Anda menjaga berat badan normal, untuk menghindari terjadinya hipertensi.

3. Hindari konsumsi alkohol
Penderita hipertensi dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alkohol atau bahan makanan yang mengandung alkohol karena dapat meningkatakan tekanan darah. Disamping itu konsumsi alkohol berlebihan bisa mengakibatkan kecanduan.

4. Suplemen kalium bisa menurunkan tekanan darah
Berdasarkan penelitian secara klinis menunjukkan pemberian suplemen kalium dapat menurunkan tekanan darah. Dengan suplementasi diet kalium 60-120 mmol/hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik 4,4 dan 2,5 mmHg pada penderita hipertensi dan 1,8  serta 1,0 mmHg pada orang normal. Diet kaya kalium juga bisa dihubungkan dengan penurunan risiko stroke. Asupan diet kalium, magnesium dan kalsium sebaiknya bersumber dari bahan makanan alami yang mengandung ketiga bahan alami tersebut. Sedangkan konsumsi suplemen sebaiknya dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu. (nam)

Entry Filed under: Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: