Kiat Membangun Ikatan dengan Bayi

Agustus 5, 2009 kidsandstyle
Tag: , ,

Jakarta – Bayi yang baru lahir sepertinya hanya tidur dan makan pada minggu pertama. Memang demikian adanya. Pada bayi baru lahir, banyak hal yang bisa dilakukan bersama dengan dia, antara lain membangun ikatan dengan si buah hati.

Bayi yang baru lahir juga sensitif terhadap stimulasi dari dalam. Bayi menangis, tersenyum, dan ‘mengerinyit’ karena sistem internal bayi sedang bekerja. Berikut tips untuk membangun ikatan dengan bayi Anda:

1. Bayi yang baru lahir menyukai perhatian khusus dari orangtuanya
Wajah orangtua merupakan ‘pemandangan’ pertama yang mengagumkan. Bayi Anda pun akan sangat senang dengan wajah Anda. Anda bisa memberikan kenyamanan, senyuman, kasih sayang, dan rasa aman adalah hadiah yang dapat diberikan kepada bayi. Anda pun bisa membacakan cerita, menimang, menggendong, dan berbicara dengannya. Anda bisa mengatakan dan menggambarkan yang sedang dikerjakan.

2. Membangun ikatan saat tidur
Bayi membutuhkan waktu yang lama saat tidur bisa mencapai 12 hingga 16 jam sehari. Bayi biasa tidur 2 hingga 5 jam. Ketika tidur, bayi bisa terjaga mulai 6 hingga 10 menit saja. Saat bayi terjaga, Anda bisa memperkuat ikatan dengan memeluk, menyanyi, dan melakukan percakapan searah.

3. Jarak pandang bayi terbatas
Bayi yang baru lahir hanya dapat melihat dekat dan paling baik melihat benda sejauh 20 hingga 30 cm. Bayi cukup untuk melihat wajah ibunya ketika digendong. Bayi senang melihat pola dan warna cerah. Warna cerah dapat menarik perhatian bayi. Warna dapat membuat fokus dan menarik minat bayi.

4. Bayi suka dengar musik
Memutarkan musik instrumentalia yang lembut dapat menenangkan bayi. Anda pun bisa menggendong bayi, dan dekatkan wajahnya kepada Anda. Dengan lembut timang bayi mengikuti irama. Jangan sungkan bernyanyi untuk bayi Anda.

Selamat mencoba. (amh)

Entry Filed under: Baby Talk (Kids)

One Comment Add your own

  • 1. Uminaufal  |  Agustus 5, 2009 pukul 9:33 am

    betul tuh, tapi gara2 keterusan dengerin musiknya anakku malah jadi ngefans sama tak gendongnya mbah surip, padahaldia baru setahun lho..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: