Langkah Cerdas Kelola Stres di Tempat Kerja

Agustus 5, 2009 kidsandstyle
Tag: ,

Mengelola semua pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda sehari-hari tampaknya memang tidak mungkin apalagi saat berada dalam kondisi yang tidak menguntungkan, karena itu betapa pentingnya menyeimbangkan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi Anda.

Dalam buku mengenai karir “Overworked, Overhelmed and Underpaid” Louis Barajas, membahas tentang orang-orang yang memiliki  ‘dual-centric’ outlook. Orang-orang ini memberikan prioritas yang sama untuk pekerjaan mereka dan kehidupan rumah tangga, dan, menurut sebuah survei dari the Families and Work Institute 2002, menunjukkan mereka mengalami sedikit stres.

Barajas menyarankan empat strategi untuk membantu para pekerja mengurangi stres dan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi:

1. Ketat menetapkan batas antara kerja dan kehidupan pribadi
Barajas mengatakan penting untuk menentukan dimana batas antara rumah dan pekerjaan. Selesaikan semua pekerjaan kantor di tempat kerja dan usahakan tak membawa pekerjaan kantor ke rumah serta.

2. Fokus dengan apa yang sedang dikerjakan sesuai dengan tenggat waktu
Saat fokus menyelesaikan pekerjaan dan sesuai dengan tenggat waktu Anda maka semuanya akan berjalan dengan lancar.

3. Luangkan waktu untuk istirahat dan bersantai
Ini sangat penting setelah seminggu penuh bekerja, usahakan waktu khusus beristirahat dan bersantai dengan keluarga. Kalau bisa ajukan cuti untuk liburan juga bisa dilakukan untuk menyegarkan pikiran karena pekerjaan, bukan tidak mungkin setelah cuti akan membuat Anda semakin produktif dengan ide-ide baru.

4. Jelas dengan prioritas
Menurut Barajas saat bekerja berlebihan seseorang malah tidak memiliki prioritas mana yang harus dicapai. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah mulai membuat rencana dalam hidup Anda dengan merencanakan tujuan, peran, dan nilai-nilai kunci hubungan.

Ketika Anda merancang dan merencanakan untuk hidup yang terbaik dari kemampuan Anda. Maka Anda akan merasa stres berkurang juga, hidup juga lebih baik. (nam)

Entry Filed under: Career

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: