Mau Langsing, Makan yang Benar dong!

Agustus 5, 2009 kidsandstyle

Jakarta – Masalah berat badan sepertinya akan selalu jadi perhatian buat individu yang ingin tubuh ramping. Berbagai macam diet pun ditawarkan untuk mengurangi berat badan. David L. Katz, MD menyatakan ada beberapa panduan dasar yang harus diketahui untuk mengurangi berat badan. Ingin langsing itu mudah. Tidak percaya? Ikutilah panduannya yang dikompilasi oleh Oprah.com berikut ini:

1. Gunakan piring kecil
Apakah Anda sedang meratakan perut dan mencoba menurunkan berat badan, salah satu cara terbaik yaitu gunakan piring yang lebih kecil. Peneliti dari Universitas Cornell Brian Wansink, PhD menemukan seseorang yang beralih dari piring berukuran 12 inci ke 10 inci ternyata berhasil makan dengan lebih sedikit kalori, sekitar 22 persen. Bila Anda mengurangi ukuran piring makan malan, Anda akan menghilangkan lebih dari 5.000 kalori per bulan. Cara yang cukup sederhana.

2.  Konsumsi buah dan sayuran
Sarapanlah dengan sereal, dan makan buah-buahan seperti buah berry dan pisang. Pada makan siang, makan yang lebih sederhana yaitu makan roti dan sandwich, kecuali aktifitas Anda padat. Pada saat makan malam, pastikan Anda makan salad, asparagus, brokoli, dan sayuran lain yang Anda pilih. Ini untuk memastikan Anda mendapatkan cukup gizi. Selain itu mengurangi lemak dan kalori yang dikonsumsi.

3. Jangan makan terburu-buru
Salah satu masalah makan yaitu sering mengonsumsi makanan cepat saji. Makan siang dengan burger kecil, kentang goreng dan diet soda memberikan 800 kalori dari rata-rata perempuan makan malam.Ketika seseorang makan di mana saja, otak cenderung mendaftarkan makanan sebagai makanan ringan tanpa memperhitungkan jumlah kalori yang dikonsumsi terlalu banyak untuk makanan berikutnya.

4. Daftar bahan makanan lebih pendek semakin baik
Sebagian besar makanan sehat hanya ada satu bahan misal brokoli, bayam, blueberry. Daftar bahan makanan yang panjang berarti lebih banyak gula, garam, dan banyak bahan yang tak sehat.

5. Makanan bergizi tak harus mahal
Untuk menikmati makanan bergizi tak harus mahal. Memang dibutuhkan pilihan cerdas untuk memilih makanan, misal mengonsumsi kacang-kacangan daripada daging, lebih baik membuat makanan sendiri dibandingkan menghabiskan uang di restoran.

6. Menyiapkan waktu sepuluh menit untuk makanan sehat
Bila Anda rutin beberapa menit untuk merencanakan makanan bergizi, maka Anda sudah berinvestasi untuk kesehatan Anda dan keluarga. Menyiapkan makan malam lebih lama 10 menit dibandingkan membeli makanan siap dibuat. Tetapi seiring waktu Anda bisa menghemat waktu untuk siapkan makan malam.

7. Coba selera baru makanan Anda
Jangan Anda mengharapkan terlalu cepat untuk mencoba rasa baru makanan secepat mumgkin termasuk anak Anda yang selalu memilih makan. Tetapi Anda bisa menyediakan rasa makanan baru, dan tetap mencoba untuk Anda dan keluarga.

8. Berhenti makan sebelum Anda merasa penuh atau kekenyangan
Memperlambat laju Anda makan, dan tetap perhatikan apa yang Anda makan. Biasa panggilan itu akan berhenti ketika perut Anda sudah terisi sekitar 80 persen. Setelah berhenti sebentar maka Anda mungkin sudah menemukan perut Anda sudah cukup penuh. Suatu studi mengemukakan makan dengan tidak tergesa-gesa maka berat badan Anda bisa turun 20 pound setahun.

9. Makan malam bersama keluarga
Anak yang suka makan malam bersama keluarga maka cenderung mengurangi mengonsumsi makanan yang tak sehat, kurang terlalu banyak, dan merasakan kepuasan berkumpul bersama keluarga. Beberapa studi yang dilakukan Universitas Minnesota dan National Center on Addiction and Substance Abuse Columbia University mengemukakan makan malam bersama keluarga salah satu cara sederhana yang luar biasa dan bermanfaaat bagi keluarga. Selain itu makan malam bersama keluarga mengurangi risiko kelainan makan, menggunakan rokok dan narkoba, serta penyalahgunaan alkohol.

10. Anda adalah apa yang Anda makan
Anda ingin kulit berseri? Kulit Anda pun tergantung pada aliran darah untuk mengangkut gizi dan oksigen. Tidak hanya kulit yang berseri. Otak yang tetap tajam pun membutuhkan nutrisi. Cara terbaik untuk menjaga tubuh yaitu makanan bergizi. Misalnya makanan mengandung sumber protein seperti ikan dan kacang-kacangan seperti kedelai. (amh)

Entry Filed under: Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: