Mengajari Si Kecil Berpuasa

Agustus 5, 2009 kidsandstyle
Tag:

Jakarta – Tak terasa Ramadhan akan datang sebentar lagi. Untuk kita yang sudah berusia dewasa dan terbiasa yakin deh tidak ada masalah lagi, kecuali yang memiliki sakit yang berhubungan dengan pencernaan. Tapi tidak lantas ini dijadikan alasan untuk tidak berpuasa kan? Kecuali memang dokter tidak menyarankan Anda berpuasa.

Nah, bagaimana kalau puasa untuk si kecil? Menurut psikolog Dr. Rose Mini AP, MPsi, untuk mengajarkan puasa pada anak jangan membuat seolah-olah puasa adalah sebuah beban. Buatlah puasa menjadi hal yang menyenangkan. Misalnya jelaskan padanya kalau puasa itu hanya dilakukan satu tahun sekali. Usahakan dengan memberikan penjelasan sederhana yang bisa dipahaminya. Selain itu bisa juga menjelaskan padanya kenikmatan yang bisa didapat setelah berpuasa 30 hari yaitu berlebaran.

“Jelaskan semua kenikmatan yang mungkin bisa di dapat sehingga dia menjadi menunggu-nunggu bulan puasa,” jelas Dr. Rose Mini AP, MPsi. Intinya adalah tidak akan ada hal-hal yang akan membebaninya dengan puasa.
Untuk pengajarannya, sebaiknya jangan dibebani dengan satu hari penuh tapi secara bertahap.

Anak harus dibingkai sesuai dengan umurnya, kalau dijelaskan dengan pahala atau segala macam belum terbayang dalam pikirannya. Sebutkan hal-hal yang jarang dia anak-anak dapat di hari biasa, misalnya kalau bulan puasa kita bisa makan malam bersama sekeluarga. Setelah berpuasa 30 hari penuh, anak diberi tahu bisa mudik merayakan Lebaran ke rumah kakek dan nenek, paman dan saudara yang lain yang jarang ditemuinya.

Jelaskan juga tidak semua orang melakukan puasa misalnya karena perbedaan agama, apalagi kalau si kecil bersekolah di sekolah umum, kata Rose. “Ajarkan si kecil bangga dengan dia melakukan puasa sehingga dia merasa yang dilakukannya memang baik dan hanya didapat satu tahun sekali,” kata Rose.

Kadang di sekolah saat bulan Ramadhan, guru mengingatkan untuk mereka yang berpuasa dengan ini anak menjadi merasa bahwa gurunya juga memperhatikannya. Kalau anak diajarkan dengan perbedaan sejak awal mereka tidak akan bermasalah. (nam)

Entry Filed under: Smart Tips (Kids)

One Comment Add your own

  • 1. wahyu am  |  Agustus 5, 2009 pukul 7:26 am

    sebentar lagi gan😉


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: