Mengatasi Anak Sulit Makan

Agustus 5, 2009 kidsandstyle

Jakarta – Memperhatikan pemenuhan nutrisi dan gizi pada anak sejak dini memang diperlukan untuk menunjang perkembangan buah hati yang meliputi pertumbuhan fisik, perkembangan otak, perkembangan kepandaian serta kematangan sosial.

Menurut spesialis gizi klinik Dr. Fiastuti Witjaksono, SpG(K), nutrisi sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak agar optimal yang harus diperhatikan adalah jumlah yang cukup serta kualitas dari nutrisi tersebut yang terdiri dari
makro nutrisi seperti karbohidrat, protein dan lemak, selain itu mikro nutrisi lainnya seperti vitamin, mineral serta nutrisi lain yang berguna untuk kecerdasan anak seperti DHA, kolin dan prebiotik. Karena itu dalam hal ini peranan ibu sangat penting dalam memberikan nutrisi yang tepat untuk si kecil.

“Para ibu harus pandai mengatur asupan nutrisi untuk si kecil termasuk bisa menyiasati si kecil saat sulit makan. Usia satu tahun pertama adalah waktu yang tepat untuk membiasakan anak dengan beragam makanan, karena pada usia ini anak cenderung pasif menerima makanan, karena itu semakin bervariasi semakin baik,” jelas Fiastuti.

Setelah usia 6 bulan dengan air susu ibu (ASI) ekslusif ibu harus mengenalkan makanan padat lainnya, ibu juga harus sabar saat si kecil susah makan cobalah untuk mencari penyebabnya.

Selain itu ibu juga harus kreatif membuat makanan yang enak dan menarik selain itu usahakan jangan biasakan makanan si kecil dengan penyedap rasa. (nam)

Entry Filed under: Smart Tips (Kids)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: