Satu Dekade Kiprah YCAB untuk Anak Indonesia

Agustus 5, 2009 kidsandstyle
Tag: , ,

Jakarta – Memberantas narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan remaja membutuhkan peranan dari berbagai pihak. Salah satu pihak pemerhati pada masalah narkoba dan penyalahgunaan obat adalah Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). YCAB telah berkiprah selama 10 tahun untuk kampanye anti narkoba.

Pada bulan Agustus YCAB akan mengadakan 10 kegiatan untuk anak Indonesia. Kegiatan ini tidak hanya kampanye anti narkoba tetapi kegiatan untuk anak kurang mampu dan anak jalanan.

Sebagai informasi, YCAB telah melakukan kegiatan investasi sosial secara bergulir melalui 3 pilar utama program YCAB antara lain kampanye antinarkoba untuk masyarakat sekolah, pendidikan anak jalanan dan anak kurang mampu di Rumah Belajar dan pembangunan masyarakat. Ketua YCAB Veronica Colondam mengatakan pada awal berdiri YCAB memang memiliki tantangan yang sulit untuk kampanye di sekolah. Tetapi seiring waktu kampanye anti narkoba di sekolah akhirnya bisa diterima.

Menurut penelitian, dengan kampanye antinarkoba di sekolah, YCAB telah menjangkau 871.085 remaja. Berdasarkan hasil survei di 5 kota yaitu Jakarta, Bandung, Denpasar, Makasar dan Surabaya di tahun 2004 telah terjadi kenaikan nilai tingkat pengetahuan rata-rata 48 persen pada pre dan post test.

Selain itu survei yang dilakukan sejak tahun 2000 dan 2008 menunjukkan angka penurunan untuk mencoba narkoba. Survei ini dilakukan di tempat pelaksanaan program pencegahan anti narkoba. Jumlah respon remaja berusia 14 hingga 16 tahun mengaku pernah coba-coba narkoba turun dari 12,72 persen menjadi 2,33 persen.

YCAB tidak hanya menjangkau anak sekolah untuk kampanye anti narkoba, sejak 2003 YCAB menjangkau anak putus sekolah dan anak jalanan lewat Rumah Belajar Cinta Anak Bangsa. Rumah belajar ini untuk memberikan kesempatan kepada anak melanjutkan sekolah dan mendapatkan keterampilan.

“Tujuan kami tidak hanya memberikan pendidikan tetapi juga memberikan keterampilan, jadi pendidikan bukan segalanya,” tutur Veronica, Rabu (5/8) di Jakarta.

Untuk merayakan 10 tahun YCA, akan diisi 10 rangkaian kegiatan selama Agustus antara lain kampanye anti-narkoba untuk anak jalanan, little angels give back, program charity bersama Sogo dan Seibu, program magang di Plaza Indonesia untuk anak Rumah Belajar, Painting Exhibition for Charity, Lunch with Angels di Sushi Tei, Seminar “Raising Drug-Free Children”, gerak jalan pelajar anti narkoba, press conference, dan 10 th anniversary dinner.

Yang menarik dalam 10 rangkaian acara ini, anak-anak di Rumah Belajar akan diberikan pendidikan industri restoran. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan anak-anak tersebut dari zona sehari-hari yang membuat mereka minder.

“Kami ingin meningkatkan kepedulian terhadap anak-anak ini dengan membawa mereka keluar dari zona sehari-hari untuk membuat mereka memiliki cita-cita lebih tinggi dan percaya diri, misal membawa mereka ke restoran sehingga mereka mengerti mengenai industri restoran dan terinspirasi untuk melakukan sesuatu,” ujar Veronica.

Selain 10 rangkaian kegiatan tersebut, YCAB mengukuhkan duta baru YCAB yaitu Caroline Zachrie, presenter. Menurut Caroline dengan menjadi duta YCAB bisa membantu bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Caroline percaya pendidikan akan membuat bangsa Indonesia menjadi lebih maju. Program yang ditawarkan YCAB berguna untuk anak Indonesia. (amh)

Entry Filed under: What's Happening

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: