Daftar Makanan Pembangkit Mood

Agustus 6, 2009 kidsandstyle
Tag:

Jakarta – Tahukah Anda bahwa makanan dan minuman bisa mempengaruhi mood? Makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat membantu seseorang menjadi lebih baik dan bisa lebih buruk.

Diane Becker MPH, ScD, Direktur Pusat Promosi Kesehatan di John Hopkins School of Medicine mengatakan makanan mengandung serat tinggi dan rendah lemak jenuh adalah makanan yang sehat jantung. Makanan ini pun bisa meningkat mood Anda. Sebaliknya makanan yang mengandung lemak tinggi dan high-glycemic bisa mengganggu kesehatan.

Sedangkan makanan yang memberikan efek tidak baik untuk kesehatan antara lain mengurangi makanan yang tinggi dalam lemak jenuh. Lemak jenuh bisa berperan dalam depresi dan meningkatkan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Selain itu batasi dan kalau bisa tidak mengonsumsi alkohol, pasalnya minuman alkohol mempengaruhi sel saraf manusia.

Berikut 6 makanan yang membuat mood Anda bagus menurut Webmd.com:

1. Konsumsi makanan kaya vitamin B12 dan folat
Menurut Edward Reynorlds dari Institut Epiletology King’s College, London vitamin B12 dan folat membantu mencegah demensia, gangguan sistem saraf dan mood. Vitamin ini bisa ditemukan di kacang-kacangan, brokoli, cabai, dan daging.

2. Konsumsi buah-buahan dan sayuran
Buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan secara langsung memberikan kontribusi bagi kesehatan dan kualitas hidup. Suatu studi mengatakan seseorang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dengan jumlah 11 persen lebih tinggi memiliki kualitas hidup dan kesehatan jauh lebih baik.

3. Setiap hari makan makanan kaya selenium
Selenimum merupakan mineral bertindak seperti antioksidan di dalam tubuh. Konsumsi sekitar 55 miligram sehari untuk pria dan wanita. Selenium dapat ditemukan di kacang-kacangan khususnya kacang brazil, daging, susu rendah lemak, dan seafood mulai dari kepiting, kerang dan ikan.

4. Perbanyak konsumsi ikan
Suatu penelitian mengemukakan pria dan wanita yang mempunyai risiko lebih rendah memiliki gejala depresi biasa mengkonsumsi banyak ikan. Ikan yang dikonsumsi biasa salmon mengandung omega 3. Jay Whelan, Phd dari Universitas Tennessee mengatakan omega 3 dari ikan salmon memberikan efek positif mood seseorang. Selain salmon, ikan tuna, ikan haring, dan rainbow trout bagus dikonsumsi untuk memiliki mood baik.

5. Mendapatkan dosis harian vitamin D
Dari sinar matahari memberikan vitamin D kepada kita. Namun konsumsi vitamin D membantu untuk mengatur mood seseorang. Untuk mendapatkan vitamin D bisa dari suplemen, dan makanan mulai dari ikan salmon, tuna, hati sapi, keju, dan bisa didapatkan dari sarapan sereal dan susu.

6. Konsumsi cokelat
Cokelat memiliki efek kepada endorpin otak dan baik untuk kesehatan. Penelitian di Belanda mengemukakan orang Belanda konsumsi 1/3 dari cokelat setiap hari telah menurunkan tingkat tekanan darah. Tetapi hanya cokelat tertentu. (amh)

Entry Filed under: Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: