DHA dan ARA Bukan Hanya untuk Otak Lho

Agustus 6, 2009 kidsandstyle
Tag: , , ,

Jakarta – Selama ini orang mengenal DHA (Docosahexaenoic acid) dan ARA (Arachinoid acid) adalah asam lemak yang sangat penting dan diperlukan bayi untuk perkemabangan otaknya, serta ketajaman penglihatannya.

Ternyata ada manfaat lain dari nutrisi kedua asam lemak esensial ini, yaitu bagi kesehatan saluran pernapasan, saluran cerna, dan imunitas. Mead Johnson menggandeng Gregory Finn dari Washington University at Saint Louis di Amerika dan  Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) berbagi hasil penelitian manfaat lain DHA dan ARA.

Menurut Dokter Spesialis anak Rumah Sakit Saint Louis Children’s Gregory Finn MD, asupan DHA dan ARA dengan kadar yang tepat yaitu 17mg/100kcal DHA dan 34mg/100kcal ARA dalam tiga tahun pertama awal kehidupan anak, akan memberi manfaat yang signifikan bagi tumbuh kembang anak pada tahap berikutnya.

Penelitian oleh Dr. E. Birch telah membuktikan bahwa anak-anak yang mengonsumsi DHA dan ARA memiliki tanda-tanda perkembangan kesehatan yang lebih baik dalam usia tiga tahun pertamanya.

Bila dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengonsumsi DHA dan ARA, anak-anak yang mendapatkan DHA dan ARA di awal kehidupannya memiliki kemungkinan infeksi saluran respiratorik yang lebih rendah hingga 45% (76% pada anak yang tidak mengonsumsi DHA dan ARA), selain itu juga kemungkinan munculnya alergi yang lebih rendah hingga 26% (55% pada anak yang tidak mengonsumsi DHA dan ARA).

Sementara itu Ketua Bagian Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo DR.Dr. Bambang Supriyanto, SpA(K) mengungkapkan, kemungkinan terkena infeksi saluran respiratorik pada bayi dan anak dapat berakibat buruk bagi kesehatan respiratorik mereka, tidak hanya pada masa tumbuh kembangnya namun juga dapat berpengaruh hingga dewasa.

Menurut Bambang tahun pertama merupakan tahun yang rentan pada bayi terkena gangguan pernafasan misalnya asma, kemudian setelah itu gangguan kulit dan diikuti gangguan pencernaan.

Karena itulah peran orang tua untuk memperhatikan pemberian nutrisi yang tepat bagi bayi sejak dalam kandungan merupakan pondasi awal bagi kesehatan sistem imun bayi dan anak termasuk juga kesehatan respiratoriknya untuk mencapai perkembangan yang optimal. “Konsumsi seimbang antara DHA dan ARA akan membuat sistem kekebalan terhadap infeksi dan alergi pada bayi dan anak-anak bisa terjaga,” tambah Bambang di Jakarta, Rabu (5/8).

Gregory juga menambahkan selain peran tenaga medis, orang tua juga penting untuk memperbaharui pengetahuan mereka seputar nutrisi untuk tumbuh kembang bayi dan anak terutama pada area-area yang rentan risiko infeksi seperti daerah respiratorik, pencernaan dan daerah lainnya.

Untuk itulah Mead Johnson akan menggelar seminar dan workshop bagi para dokter anak untuk membagi hasil penelitian terbaru mengenai manfaat nutrisi DHA dan ARA sebagai vitamin dan mineral bagi daya tahan tubuh, kesehatan saluran pernapasan dan saluran cerna pada bayi dan anak yang akan diadakan di empat kota yaitu Jakarta, Medan, Makassar, dan Yogyakarta selama bulan Agustus 2009 bekerjasama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia di masing-masing daerah.  (nam)

Entry Filed under: Baby Talk (Kids)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: