Modal untuk Mencapai Puncak Karier

Agustus 6, 2009 kidsandstyle
Tag: ,

Jakarta – Puncak karier menjadi target dan sekaligus ambisi seseorang yang ingin terus maju. Ada istilah, seseorang yang tidak punya cita-cita dan ambisi sama saja orang tersebut jiwanya telah mati.

Namun, ambisi saja tidak cukup. Karena untuk mencapai puncak karier–kendati relatif–parameternya sangat jelas ada usaha dan progresnya jelas.

Setidaknya ada delapan keterampila individual yang bisa mengantarkan seseorang ke puncak karier.

1. Keahlian berbicara

Kepandaian atau kemahiran berbicara bukan semata-mata jago dalam bercuap-cuap yang tidak ada isinya. Kemahiran berbicara di sini meliputi cara penyampaian gagasan dan intonasi suaranya sangat berkarakter dan sampai kepada lawan bicaranya. Sehebat apapun gagasan seseorang bila tidak ditunjang dengan kemahiran berbicara akan sia-sia.

2. Percaya diri dalam mengambil keputusan

Seorang peragu dan seorang yang telat dalam mengambil keputusan tidak akan efektif bila menjadi seorang pemimpin. Seorang yang akan menjadi pemimpin harus berani mengambil risiko tentu dengan pertimbangan yang matang dan insting yang tajam.

3. Akuntabilitas

Kebiasaan Anda menyalahkan anak buah atau orang lain dalam situasi yang mengancam karier Anda hanya akan membuat Anda tidak layak untuk menjadi seorang pemimpin. Puncak karier akan tercapai bila Anda memiliki tanggung jawab dan tidak mencari kambing hitam termasuk bila anak buah salah. Kesalahan anak buah bukankah tanggung jawan Anda juga?

4. Sikap positif

Selalu berpikir dan berpandangan positif atas kejadian terburuk sekalipun akan membuat kesuksesan tinggal menunggu waktu saja. Dunia tidak membutuhkan orang-orang pesimistis. Puncak karier hanya milik orang-orang yang optimistis. Tidak akan ada konglomerat kalau mereka sudah putus asa dalam kegagalan pertama. Karena mereka yang sukses sekarang juga sebenarnya mereka pernah gagal dan bangkrut.

5. Presentasi diri

Penampilan, perilaku dan sikap dapat mengantarkan Anda ke puncak karier. Seorang yang mudah bergaul, fleksibel tetapi displin dan cerdas sangat disukai lingkungan dan atasan. Penampilan bukan hanya cara berpakaian. Cara menempatkan diri, bahasa tubuh dan empati Anda terhadap lingkungan juga sangat menentukan seseorang untuk sampai ke puncak karier.

6. Manajemen waktu

Ini ada kaitannya dengan prioritas dan kebiasaan Anda dalam mengelola waktu. Pada umumnya atasan sangat senang dengan karyawan yang dapat mengerjakan tugasnya dengan cepat bahkan lebih cepat dari target. Namun, harus hati-hati jangan sampai cepat mengerjakan tugas tetapi Anda abai terhadap detail sehingga bisa menjadi fatal bagi perusahaan di kemudian hari.

7. Pandai menemukan solusi
Seorang karyawan yang selalu dapat memberikan solusi atas suatu proyek atau permasalahan perusahaan akan membuat karyawan tersebut mendapat nilai plus dari atasan.

8. Perluas wawasan dan pengetahuan

Pendidikan baik formal atau informal sangat penting bagi seorang yang berambisi untuk meraih jabatan tertentu. Bila Anda ingin menjadi direktur keuangan di sebuah perusahaan misalnya Anda harus sejak jauh-jauh hari mengikuti pendidikan dan pelatihan yang berkaiatan dengan bidang yang akan Anda bidik.(yat)

Entry Filed under: Career

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: