Hindari Stres Kerja, Ini Caranya

Agustus 23, 2009 kidsandstyle

Pagi-pagi rasanya sudah eneg saja untuk pergi ke kantor? Jangan-jangan Anda stres tuh. Banyak orang mengaku stres karena pekerjaan. Padahal kunci untuk meminimalisasi stres sebenarnya nggak sulit kok: Jangan terbiasa memikirkan hal yang kecil-kecil, demikian saran Richard Carlson dalam bukunya Don’t Sweat The Small Stuff at Work. Nikmati waktu di kantor dan selalu berpikir positif.

Simak 5 kiat mengeliminasi sumber kestresan karena pekerjaan dengan cara berikut:

1. Buat pekerjaan jadi menarik
Kesannya kok tidak mungkin, tapi bisa lho dijalankan. Hanya Anda yang tahu caranya, ‘kan. Lagian dengan menjadikan pekerjaan jadi hal yang menarik, akan sangat membantu terselesaikannya tugas secara tepat waktu.

2. Jangan menggunting dalam lipatan
Tahu ‘kan maksudnya? Bisa-bisa kredibilitas Anda turun tajam jika sikap, ucapan dan tindakan Anda dinilai orang lain menjengkelkan. Bisa-bisa kalau ada proyek penting Anda malah tak dilibatkan karena tak bisa dipercaya!

3. Belajar bilang ‘tidak’
Jadi rekan kerja yang baik ‘kan tak harus selalu siap sedia membantu setiap rekan meminta tolong. Bantulah rekan jika Anda memang sanggup melakukannya. Jangan menolongnya hanya karena faktor tidak enak. Lama-kelamaan Anda bisa dimanfaatkan lho, karena sifat yang tidak tegaan itu. Lagian apa enaknya membantu orang kalau pekerjaan sendiri terbengkalai?

4. Temukan keseimbangan
Janganlah terus terpaku untuk kerja keras kejar setoran. Anda tetap harus punya ‘kehidupan’ di luar kantor sebagai sarana bersosialisasi, entah liburan bersama keluarga, hadir di acara sosial atau amal, atau sekadar menikmati hobi yang nyaris terlupakan

5. Bukakan pintu maaf
Namanya juga manusia, selalu saja ada kesalahan, walaupun kita sudah berupaya melakukan pekerjaan sesempurna mungkin. Jika Anda bikin kesalahan, jangan terus-menerus menghakimi diri sendiri. Beri penjelasan yang masuk akal ke atasan dan minta maaf atas kejadian yang tak disengaja ini. Jika orang lain bikin kesalahan, jangan ragu untuk memaafkannya juga. Ini sebagai cara penyembuhan yang ampuh dan menghindarkan Anda dari stres yang tak perlu! (nam)

Entry Filed under: Career

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: