Bila Si Kecil Suka Memainkan Burungnya, Nih Tipsnya!

Agustus 4, 2009 kidsandstyle

Salah satu  kebiasaan bayi yang masih terbawa sampai batita  adalah kenikmatan memainkan alat kelamin. Dalam bahasa psikologinya, tahapan ini diistilahkan sebagai fase phallic. Kebiasaan ini masih dianggap normal, bahkan hingga anak berusia balita.

Meskipun dianggap normal, orangtua sebaiknya mengarahkan anak untuk tidak melakukannya. Beri pemahaman ketika anak sudah bisa diajak berkomunikasi. Jelaskan bahwa kebiasaannya ini bisa menyebabkan alat kelaminnya terluka, lecet, kotor, bahkan infeksi jika ada kuman masuk. Anak perlu tahu kalau area di sekitar alat kelamin itu sangat sensitif.

Jika cara tersebut tidak berhasil, maka orangtua dapat mengalihkannya dengan kegiatan lain yang juga dapat memberikannya kepuasan.  Yang harus diingat oleh orangtua agar jangan panik jika menemukan si anak sedang melakukan kegiatan ini. Jangan memarahi si anak apalagi dengan ancaman, karena setiap anak pasti mengalami fase ini.

Namun, akan menjadi masalah jika kebiasaan ini terus terbawa hingga anak besar. Karena lingkungan akan menganggapnya melakukan tindakan tak pantas. Si anak pun sebaiknya diberi tahu bahwa kepuasan/kesenangannya dapat diperoleh dengan cara lain, selain dengan memainkan alat kelaminnya, misalnya dengan mengajak anak bermain dan melakukan aktivitas lainnya  seperti olahraga atau jalan-jalan. (nls)

Entry Filed under: Baby Talk (Kids)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: